Telkomsel menerapkan solusi jaringan berbasis AI dan machine learning (ML) untuk meningkatkan kualitas layanan 4G/LTE/Foto: Istimewa
JAKARTA – Telkomsel menerapkan solusi jaringan berbasis kecerdasan buatan (AI) dan machine learning (ML) untuk meningkatkan kualitas layanan 4G/LTE di Makassar dan Kendari. Kolaborasi teklologi Telkomsel bersama ZTE dinamakan solusi Self-Adaptive Feedback.
Penerapan Teknologi Terkini untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna
Adaptasi teknologi termutakhir ini merupakan kelanjutan kolaborasi kedua perusahaan di Mobile World Congress 2024 Barcelona. Pastinya dilandasi meningkatnya permintaan internet berkecepatan tinggi.
Self-Adaptive Feedback sendiri bisa mengoptimalkan kinerja jaringan tanpa memerlukan perangkat keras tambahan. Sebagai bagian dari penerapan Hyper AI, teknologi ini memungkinkan penyedia layanan menyesuaikan parameter jaringan secara otomatis, seperti kecepatan dan kontrol daya, untuk aplikasi berat seperti video streaming dan gaming.
Harapan Telkomsel dan ZTE dengan Penerapan Self-Adaptive Feedback
Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, menyatakan, Telkomsel dan ZTE telah mengkaji serta menerapkan solusi Self-Adaptive Feedback di Makassar dan Kendari.
“Kami berharap penerapan teknologi terkini seperti Self-Adaptive Feedback ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan. Diharapkan memperkuat posisi kami sebagai pemimpin industri yang konsisten menghadirkan manfaat dan dampak positif bagi Indonesia,” kata Soon Nam, Jumat (22/2/2024).
Hasil Pengujian dan Peningkatan Pengalaman Pengguna
Hasil pengujian jaringan dengan Self-Adaptive Feedback di Makassar dan Kendari menunjukkan peningkatan pengalaman pengguna yang signifikan. Buffering video berkurang 15 persen, kecepatan unduh meningkat 11 persen, dan waktu pemuatan halaman web membaik hampir 30 persen. Latensi untuk gaming juga berkurang hingga 47 persen, memberikan pengalaman bermain yang lebih responsif.