Penjualan UMKM Melonjak 700% Berkat Tren Live Shopping

Penjualan UMKM Melonjak 700% Berkat Tren Live Shopping

Mengapa Live Shopping Menjadi Tren Baru Bagi UMKM

SOLO – Tren berjualan melalui platform streaming atau live shopping tengah menjamur di kalangan UMKM. Tren live shopping ini tidak hanya menjadi sebuah fenomena, tetapi juga memberikan dampak positif pada penjualan mereka.

Menurut Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, penjual yang melakukan live streaming di Tiktok mengalami kenaikan penjualan di Tokopedia rata-rata naik 7 kali lipat (700%). Ini menunjukkan bahwa live shopping bukan hanya sekedar tren, tetapi juga strategi yang efektif dalam meningkatkan penjualan.

Wilayah-Wilayah yang Mengalami Peningkatan Penjualan

Lebih lanjut, wilayah Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang mengalami peningkatan tertinggi nilai transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia. Tak hanya Jawa Tengah, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali juga mengalami peningkatan dengan rata-rata lebih dari 10 kali lipat.

Kategori Produk yang Mendominasi Transaksi

Sejumlah provinsi di Indonesia mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia dan ShopTokopedia, antara lain: Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali, dengan rata-rata lebih dari 10 kali lipat. Sedangkan beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia, antara lain: Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen, serta Makanan dan Minuman, dengan rata-rata hampir 10 kali lipat.

Peran Penting UMKM dalam Ekonomi

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi. Pertumbuhan ekonomi bisa diakselerasi jika pelaku usaha merespon peluang baru lewat cara baru dalam memanfaatkan teknologi,” ucap Aditia. Hal ini menegaskan bahwa UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia.

Pelatihan Bisnis Online untuk Difabel Berdaya Solo

Dalam rangka merayakan Hari Disabilitas Internasional, Tokopedia dan ShopTokopedia menggelar pelatihan bisnis online dan Creators Lab untuk Difabel Berdaya Solo di Solo, Jawa Tengah. Inisiatif ini bertujuan membantu anggota komunitas Difabel Berdaya Solo, yang kebanyakan berprofesi sebagai pelaku usaha, menjadi fasih berbisnis online khususnya dalam membuat konten video promosi dan pemasaran.

“Kami yakin, pebisnis online maupun kreator konten dan/atau afiliator adalah profesi yang inklusif,” tambah Aditia.

Dia berharap semakin banyak UMKM yang memanfaatkan fitur live streaming di TikTok. Dengan begitu, penjualan para pelaku usaha bisa mengalami peningkatan.

“Kenaikan penjualan di ShopTokopedia rata-rata 7 kali lipat menunjukkan bahwa promosi atau pemasaran melalui konten video termasuk live streaming bisa membuat penjualan naik signifikan,” kata Aditia.

Lewat pemberdayaan Difabel Berdaya Solo, diharapkan makin banyak pelaku usaha yang fasih memanfaatkan konten video, serta makin banyak content creator dan affiliate creator yang bisa membantu promosi dan pemasaran produk UMKM.

Update Berita Terbaru Setiap Hari

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Berita Terkini dari Okezone

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan Berita Terkini dengan ORION

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *