Tim Olimpiade Matematika Indonesia Raih Medali Internasional

Dibuat pada 2018-03-03 17:17:50 Dilihat 282x

Jakarta, Kemendikbud - Tim Olimpiade Matematika Indonesia berhasil meraih prestasi di ajang internasional, Romanian Master of Mathematics (RMM) di Rumania. Indonesia menyabet delapan medali, yakni satu medali perak, dua medali perunggu, dan lima Honorable Mention. Romanian Master of Mathematics (RMM) berlangsung pada 21-27 Februari 2018 di Bucharest, Rumania.

Satu medali perak diraih oleh Farras Mohammad Hibban Faddila dari SMA Kharisma Bangsa. Dua medali perunggu dipersembahkan oleh Gian Cordana Sanjaya dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya dan Alfian Edgar Tjandra dari SMA Kharisma Bangsa. Kemudian lima Honorable Mention diraih oleh Dick Jessen William (SMA Santa Maria, Pekanbaru), Otto Alexander Sutianto (SMAK Penabur Gading Serpong, Tangerang), Kinantan Arya Bagaspati (SMA Taruna Nusantara Magelang), Valentino Dante Tjowasi (SMAK Petra 2, Surabaya), dan Andrew Wiraatmaja (SMA Santa Theresia, Jakarta).

Farras menuturkan, kompetisi ini menjadi pengalaman yang sangat berharga. “Dan menjadi batu loncatan untuk lebih memompa semangat kami agar bisa berprestasi lebih baik lagi pada IMO (International Math Olympiad) 2018 mendatang," katanya saat kedatangan kembali di Tanah Air, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (27/2/2018).

Sementara Gian mengaku senang dan tidak mengira bisa meraih medali, karena baginya dan tim, ini kompetisi olimpiade matematika tersulit yang pernah mereka ikuti. "Kami bangga sekali bisa mendapatkan medali ini, karena kami harus bersaing dengan peserta-peserta terbaik dari negara-negara yang kuat dalam prestasinya di bidang matematika. Terlebih lagi soal-soal yang kami hadapi kesulitannya lebih tinggi dari pada di IMO 2017 yang pernah kami ikuti," tutur Gian.

Romanian Master of Mathematics (RMM) adalah kompetisi matematika internasional tersulit tingkat SMA yang diikuti oleh negara-negara terpilih yang memiliki catatan prestasi terbaik bidang matematika di tingkat internasional. Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai salah satu negara yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Kepala Subdirektorat Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SMA, Suharlan, menyambut kedatangan Tim Olimpiade Matematika Internasional , di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (27/2/2018). Ia mengaku bangga atas pencapaian siswa Indonesia ini. Menurutnya, pencapaian ini menunjukkan bahwa siswa Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara kuat lainnya dalam olimpiade matematika.

"Raihan medali ini cukup membanggakan, meskipun ini baru tahapan uji coba sebelum menuju ke kompetisi IMO 2018. Semoga hasil ini dapat memotivasi siswa kita untuk lebih siap lagi menghadapi IMO pada pertengahan 2018 yang akan kembali dilaksanakan di Rumania," ujar Suharlan. (Desliana Maulipaksi)


Sumber : Direktorat Pembinaan SMA

Informasi

Informasi Terbaru

PENERIMAAN ISBI 2018

Dibuat pada 2018-05-31 03:29:39

DAFTAR PENERIMA BEASISWA JENJANG DIKTI KATEGORI BEASISWA MISKIN/TIDAK MAMPU

Dibuat pada 2018-05-07 04:27:23

DAFTAR PENERIMA BEASISWA JENJANG DIKDASMEN KATEGORI BEASISWA MISKIN/TIDAK MAMPU

Dibuat pada 2018-05-07 04:14:38

PEMBERITAHUAN

Dibuat pada 2018-05-02 07:29:00

BEASISWA DI KUTAI BARAT

Dibuat pada 2018-04-24 03:13:28